Biochan Kapsul Albumin Terbaik. Biochan juga dikenal sebagai kapsul probiotik albumin pertama di Indonesia. Dengan pengolahan albumin teknologi probiotik terkini menjadikan Biochan sebagai kapsul probiotik terbaik di kelasnya.

Monday, June 20, 2016

Apa Saja Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil?

kaki bengkak saat hamil
Apa Saja Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil? - Jangan panik dulu, kaki bengkak pada ibu hamil merupakan masalah kehamilan yang normal. Masalah kaki bengkak saat hamil umumnya terjadi pada saat usia kehamilan memasuki 24 minggu atau menginjak usia 28 minggu ke atas. Kaki bengkak saat hamil bisa terjadi pada mata kaki dan juga tungkai. Kaki bengkak pada ibu hamil dialami sebagian besar wanita dalam masa kehamilannya. Namun, justru ada yang mengalami kaki bengkak setelah melahirkan.

Pada umumnya kaki bengkak saat hamil tidak menimbulkan keluhan yang berarti, selain keluhan pegal - pegal dan rasa kurang nyaman pada kaki. Namun demikian yang perlu diperhatikan adalah bila kaki bengkak secara berlebihan, mengalami pembesaran dan membuat ibu hamil susah untuk bergerak dan berjalan.
Walau begitu penyebab kaki bengkak saat hamil perlulah dicari, jangan anggap remeh. Bila sudah mengganggu aktivitas sehari - hari maka ada baiknya Bunda lakukan pemeriksaan keadaannya pada dokter pribadi untuk mencari solusinya.

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil

Banyak hal yang bisa jadi penyebab kaki bengkak saat hamil, namun tidak semua Bunda hamil yang memahami faktor - faktor penyebab kaki bengkak saat hamil tersebut.
Berikut adalah beberapa hal sebagai penyebab kaki bengkak saat hamil yang perlu Bunda ketahui:
  1. Albumin rendah pada ibu hamil. Kekurangan albumin pada ibu hamil (hipoalbumin) menyebabkan cairan pembuluh darah terus merembes keluar menuju jaringan, menumpuk dan terjadilah pembengkakan pada kaki. Albumin pada ibu hamil yang kurang menyebabkan tekanan osmotik dalam plasma darah juga turun sehingga transportasi zat - zat yang dibutuhkan tubuh seperti asam lemak, hormon, enzim, dan obat terganggu. Silahkan baca penjelasannya di: Mengapa albumin begitu penting bagi tubuh. Albumin rendah pada ibu hamil mengakibatkan mundurnya waktu persalinan. Bila dipaksakan maka Bunda tidak memiliki cukup energi untuk melakukan kontraksi yang berakibat sangat fatal. Begitu pula dengan operasi caesar, dokter pun akan menunda bila terjadi kekurangan albumin pada ibu hamil. Itulah mengapa ibu hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi rutin kapsul probiotik albumin ekstrak ikan gabus untuk menyeimbangkan kadar albumin dalam darah selama masa kehamilannya.
  2. Tersumbatnya aliran pembuluh darah. Pembuluh darah balik dari kaki menuju jantung yang mengalami penyumbatan adalah penyebab kaki bengkak saat hamil. Bisa terjadi pula bengkak pada betis dan tangan. Adanya gangguan sirkulasi darah pada ibu hamil akibatnya meningkatnya tekanan darah (hipertensi) dan kadar protein urin ibu hamil bisa menyebabkan berat badan naik secara mendadak dan penyempitan pembuluh darah. Istilahnya biasa dikenal dengan preeklamsia pada ibu hamil, silahkan simak uraian lengkapnya.
  3. Peningkatan berat tubuh. Seiring perkembangan janin dalam masa kehamilan maka berat badan ibu hamil pun bertambah, otomatis beban kaki pun makin berat. Jaga agar selama masa kehamilan berat badan tidak naik hingga lebih dari 15 kg. Jaga asupan nutrisi yang tak banyak mengandung lemak jenuh. Contoh nutrisi yang aman dikonsumsi yaitu protein alami ekstrak ikan gabus kapsul Biochan. Biochan adalah kapsul protein alami tanpa lemak jenuh sehingga aman sebagai sumber nutrisi maupun sumber energi, apalagi bila terjadi masalah albumin rendah pada ibu hamil.
  4. Tidak pernah senam kegel. Senam kegel adalah salah satu gerak tubuh yang sangat dianjurkan untuk dilakukan saat usia kehamilan memasuki 24 minggu ke atas (hamil tua) supaya ibu hamil tidak kebanyakan duduk. Selain senam kegel, lakukanlah gerak tubuh yang ringan lainnya seperti jalan - jalan pagi hari. Kurang gerak menyebabkan peredaran darah tidak lancar, itulah penyebab kaki bengkak saat hamil.
Perhatikan dan waspadailah bila kaki bengkak saat hamil di sertai tanda - tanda kelainan seperti:
  • Guratan - guratan otot kaki yang menonjol keluar.
  • Rasa panas dan nyeri.
  • Infeksi kulit dan peradangan pada kulit.
  • Menonjolnya otot disertai rasa nyeri.
Bila tanda - tanda kelainan tersebut muncul, segeralah konsultasikan pada dokter kandungan pribadi Bunda.

Di atas adalah beberapa penjelasan mengenai penyebab kaki bengkak saat hamil. Sekian dan terima kasih.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Saja Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil?

0 comments:

Post a Comment